Cerita Vlogger Sukses Ria SW Part I
Di era digital yang perkembangannya begitu pesat, tekhnologi mampu merekatkan yang jauh menjadi dekat. Yang sulit semakin terjangkau, semakin mudahnya juga membuat persaingan semakin ketat. Ada banyak cara untuk menjadi seorang yang terdepan adalah kejujuran, menjadi diri sendiri, mengembangkan kreativitas dan selalu berbeda itu adalah kunci dalam mempertahankan diri dan produk bisnis dalam bersaing di era globalisasi. Dalam kurun 10 tahun banyak hal berubah era blogger banyak ditinggalkan, dan begitu pesatnya era video atau disebut vlogger.
Masa keemasan era video seperti era tulisan di tahun 2008-2012, sehingga diadakannya "pesta blogger", dimana-mana orang merasa mudah untuk menulis. Padahal, seni menulis tidak lah mudah. Tapi trendnya saat itu seperti menjadi followers daripada inovator, terjadilah copy paste atau lebih ke asal-asalan. Literasi menulis pun menjamur, sampai dengan saat ini. Meski tidak booming seperti dahulu. Dan saya percaya sekali menulis tidaklah akan mati dengan kehadiran video ataupun televisi, karena bagi saya menulis merupakan bagian seni dan sejarah.
Kembali mengenai ulasan dari sosok muda, cantik, ceria, dan visioner. Ya inilah dia Ria SW mampu menciptakan trend vlogger food dan travelling. Konten video yang di hasilkan mampu membuat sudut-sudut objek dari makanan, kota dan ilmu pengetahuan mengenai makanan dan tempat semakin kaya akan detail. Ria mampu menciptakan sebuah inovasi makanan pedas, street food, K-Pop dan tagline "yummy", zizilia, curut, dan mimik suara curut yang merupakan suara Ria sendiri. Eforia ini bukan hanya menjangkau banyak orang tapi bagi tiap orang yang melihat dan menonton pasti dan mau membuat vlog sendiri, dari warga biasa dan artis lokal berlomba-lomba membuat Money Monitized.
Tidak tangung-tanggung penghasilan dari youtuber pun mampu meraup miliaran rupiah. Kalau di seriusi dan di konsep dengan matang bisa jadi jutawan, kadang yang sebaliknya tanpa terkonsep pun di era seperti ini bisa masuk saja, mumpung trend dan bisa menciptakan peluang mendulang emas. Kebangkitan video di awal tahun 2015. Kini era video dan youtube yang makin terdepan.
Televisi perlahan ditinggalkan dan mencari alternatif dari youtube. Bahkan untuk produksi televisi saja, banyak konten di ambil dari youtube. Tapi bagi saya Ria SW mementingkan kualitas cuma sedih silver button play banyak video didapatkan dari konsep yang alay dan tidak ada efek positif dan domino kedepannya.
Ria begitu mementingkan efek domino dalam jangka panjang. Artinya Ria Sw masih mempunyai moral dan tanggung jawab, ini jarang di punyai bagi calon sukses dan mempunyai hati yang begitu baik. Semoga saya tidak salah menilai dan begitu taklik memujanya. Keunggulan Ria sendiri, ia tidak money oriented terbukti tidak adanya endorse atau iklan sisipan dalam konten videonya.
Sebenarnya bukan Ria Sw saja yang mengambil dan mengeksekusi langkah cepat ini. Mungkin banyak tapi saya melihat dia lah salah satu ujung tombak youtuber food & traveling + buku. Mungkin ada banyak anak muda yang terdepan seperti dia, tapi belum dapat kesempatan dan situasi yang Ria dapatkan. Sebetulnya Ria Sukma Wijaya beruntung tanpa banyak meminta atau istilahnya mengemis 'like, subscribe, comment and share di akhir videonya.
Penonton dan subscriber banyak, ini dikarenakan konten dari videonya sendiri mempunyai magnet story telling yang kuat dan cara dalam membawakan videonya mampu menyihir dan menaikkan viewers dan followersnya baik di youtube maupun instagram.
Ria begitu kuat karakternya, dan begitu matang dalam membuat konsep dan mengambil set angle di setiap videonya. Semuanya adalah karya dari Ria sendiri yang hadir dari kejujuran dan khayalan di masa dulu. Begitu dekat dirinya dengan penggemar dan ramah dalam menyapa dengan melihat dan membaca pesan di dalam description box videonya. Tapi bukan berarti ia tidak mempunyai hatters juga dan ini sih sudah jamak dalam membuat suatu karya ada pro dan kontra.
Tidak banyak Google search bercerita mengenai latar belakang maupun biodata seorang Hit Maker seperti Ria SW. Ria sendiri lahir dan besar di Jakarta, dia anak ke dua dari dua bersaudara. Ayahnya sudah tiada saat remaja, pencinta Korea garis keras alias K-PoP sejati. Lulusan dari London School of Public Relations dan mengambil jurusan Public Relations juga. Suka dengan hal baru dengan mengembangkan dunia khayal ke dalam realita dengan konsep yang tidak pada umumnya.
http://www.genmuda.com/buka-bukaan-masa-kecil-dan-pengaruh-keluarga-yang-bikin-ria-sw-sekreatif-sekarang/
Karakter kuat seorang Ria SW ini adalah mampu menggali dan mengedepankan sisi terbaik dan keunikan dirinya sendiri, no wonder bagi saya karena ia merupakan salah satu orang dari sekian jutaan anak muda yang diberikan oleh Tuhan untuk dapat amanah dalam menginspirasi generasi muda dengan kegiatan yang positif.
Salah satunya dia mampu memberikan contoh yang positif dari luar, sederhana sekali saya melihat dengan ia tidak memakai tato (trend saat ini begitu), tidak merokok. Itu nilai plus yang Ria sendiri pegang, yang mampu membuat saya makin kagum saat Ria kembali membuat gebrakan dengan mengeluarkan buku dengan judul "Off The Records" format yang unik bertema Alien dan disertakan komik bergambar Ria dan dunia khayalanya Zizia. Buku itu pun dikemas dengan sesuai karakternya.
Di dalam buku tersebut menceritakan dibalik layar vlog yang dibuatnya. Ria Sw adalah orang yang jeli dalam melihat peluang dan kesempatan. Saat menerbitkan buku "off the records" dia kembali bekerjasama dengan penerbit besar Kompas Gramedia dan mempunyai tim marketing yang solid.
Dengan memberikan cuma-cuma pernak pernik gambar kartun ria dan tandatangan nya bagi pembeli pencetak pertama. Sekarang sudah terbit buku cetakan kedua. Di buku tersebut isinya adalah menceritakan sebuah banyak adegan lucu dan kejadian on set di balik video tersebut, dengan detail ia menceritakan bagaimana jatuh bangun membuat video, mengedit dan menyutradarai itu dilakukan oleh ria sendiri. Terlepas ada kameramen dari bantuan Rani kaka dari Ria Sw, dan beberapa teman ria di awal dan sekarang.
https://m.detik.com/hot/book/d-3991707/youtuber-ria-sw-terbitkan-buku-off-the-record
Awal saya melihat vlognya adalah ketika Ria masih bekerja di malesbanget.com disana saya tertarik saat luwes nya Ria memerankan dalam peran di video tersebut. Yang tidak lupa adalah candaan dan senyum lepasnya yang bikin kita seolah masuk dalam cerita di video tersebut.
Founder males banget sendiri adalah salah satu artis ternama yaitu Christian Sugiono suaminya Titi Kamal, dan salah satu yang jebolannya dari males banget ya dia adalah Michimomo, dan michi juga mempunyai vlog sendiri, ini dibawah salah satunya saya sertakan.
Kembali bercerita tentang sosok ria saya hanya mau berbagi nilai dan energi positif kepada kalian adalah bagaimana karakter kuat seorang Ria dan seluruh kemampuannya begitu All Out.
Kita yang menonton pun dapat merasakan atmosfer dari keceriaan, keisengan, kesedihan Ria dengan energi positif dan pantang menyerah dia. Dari yang dikerjain dan balik mengerjai kocak sih kalau saya bilang. Vlog pertama yang saya lihat di males banget.com awal tahun 2015 kurang lebih kalau saya gak lupa bisa dicek di bawah ya..
Di buku ini menjelaskan mengenai bagaimana menghadapi hidup dengan cara masa bodoh. Caranya dengan menggunakan metode terbalik. Biasanya kita di haruskan bersikap sarkastis untuk menerima menjadi orang yang baik. Padahal diri kita belum tentu baik. Di buku tersebut dijelaskan bagaimana caranya pola yang terbalik disini kita dituntut untuk mengakui diri kita sendiri mempunyai masalah dan ada kekurangan. Jadi disini kita harus bertanggung jawab dalam menghadapi dan menyelesaikan bukan melarikan diri yang malah menambah masalah.
Tidak bisa dipungkiri malesbanget terangkat sebagai bisnis plafon dari youtube yang subscribesnya naik melejit, dan juga secara bersamaan membuat video sendiri. Yang sedih saat Ria harus pamitan dari males banget.com, sempat dirayu sama Christian tapi lagi-lagi gagal. Ya karena icon malesbanget sudah fix Ria banget. Saya paham kalau sudah ada impian dan idealis untuk fokus dengan apa yang disukai jadi wajar saja Ria tidak bisa dirayu. Ya dikarenakan Ria sendiri sudah fokus membangun youtube channel di tahun 2016. Dia ingin mengembangkan ide-idenya yang tidak disalurkan kalau bekerja dengan orang lain. Hingga sekarang youtube bernama Ria SW sudah ada 2,4 m subscribers dan 105 konten video. Jumlah followers instagram pun sudah menembus 707k.
permisi kak, izin aku ambil sedikit kontennya untuk tugas sekolah
ReplyDeleteterima kasihhh
Boleh mbak, asalkan disebutkan sumber dari blog saya ya
ReplyDeleteTerimakasih